Tips Merawat Perangkat CCTV Biar Awet

Perangkat CCTV adalah perangkat elektronika yang sebenarnya perlu perawatan dengan baik sama seperti perangkat elektronik pada umumnya. Lebih-lebih peralatan ini menyala full selama 24 jam. Sebagai pengguna pasti anda menginginkan perangkat CCTV selalu berfungsi secara maksimal merekam kejadian selama penjadwalan waktu yang diinginkan.

Selain bertujuan agar perangkat CCTV awet perawatan ini juga agar kamera CCTV menampilkan gambar yang jelas. Inilah beberapa tips agar perangkat lebih optimal digunakan dalam kurun waktu yang lama. Berikut ini adalah tips / cara perawatan yang bisa anda lakukan sendiri di rumah atau lokasi pantauan CCTV anda.

Bersihkan Perangkat Secara Berkala

Mebersihkan perangkat merupakan salah satu langkah benar dalam merawat peralatan CCTV. Hal ini dilakukan agar kotoran-kotoran baik cairan atau debu-debu tidak mengganggu kinerja komponen perangkat.

Bersihkan Kamera CCTV

Langkah terpenting adalah membersihkan kamera CCTV baik indoor maupun outdoor. Waktu penggunaan yang cukup lama akan membuat kaca cover kamera CCTV kotor karena debu. Kaca ini perlu dibersihkan agar gambar yang dihasilkan tetap jernih. Gunakan tisu basah dan kain lembut untuk membersihkannya.

Cek dan Bersihkan Konektor

Cek dan bersihkan juga konektor BNC dan DC yang ada di dekat kamera CCTV. Pastikan konektor tidak karatan dan terhubung secara sempurna. Jika perlu tutup ulang konektor menggunakan isolatif warna hitam yang berkualitas agar terhindar dari karat dan terhindar dari resiko kemasukan air hujan.

Bersihkan DVR CCTV

Jika ada kotoran sebaiknya bersihkan perangkat DVR agar regulasi keluar masuk udara selalu lancar. Jika kipas atau rongga ventilasi tertutup maka ini akan berpengaruh pada usia penggunaan DVR. Hindarkan juga meletakkan benda cair di atas DVR agar terhindar dari tumpahan benda cair yang dapat merusak komponen di dalamnya seperti minuman dan cairan lainnya.

Gunakan Sesuai Prosedur

Saat ingin mematikan sebaiknya shutdown DVR terlebih dulu. Prosedur mematikan DVR CCTV bisa dibaca di user manual atau bisa dilihat di setting menu. Biasanya menu shutdown mesin DVR ada di menu Logout. Di situ nanti ada pilihan Logout, Shutdown dan Reboot.

Kenapa DVR harus dishutdown terlebih dahulu? Alasannya karena saat bekerja hardisk akan melakukan baca tulis secara terus menerus. Mematikan dengan cara mencabut akan mengagetkan hardisk karena hardisk tidak diinstruksikan untuk berhenti terlebih dahulu.

Itulah Tips bagaimana agar perangkat CCTV anda awet dan berfungsi maksimal. Jika anda tidak mau repot dalam perawatan perangkat ini anda bisa menggunakan Jasa Perawatan dan Perbaikan CCTV dari JasaCCTV.net Jawa Tengah. Kami siap membantu merawat dan memperbaiki CCTV anda.

JasaCCTV.net | Jasa Pasang CCTV Murah
Telpon JasaCCTV.net Whatsapp JasaCCTV.net