Cara Mengetahui CCTV Aktif atau Tidak

CCTV digunakan untuk memantau lokasi dan akan aktif selama 24 jam sebagai perangkat kemanan tambahan. Secara sekilas kita tidak akan bisa mengetahui CCTV yang terpasang di lokasi kita dalam keadaan hidup dan merekam atau tidak. Mengingat saat ini ada juga CCTV dummy yang dipasang hanya untuk menakut-nakuti orang.

Berdedar banyak model dan jenis CCTV antara lain Digital, Network dan juga wireless yang masing-masing bekerja dengan metode masing-masing. Meskipun tidak menggunakan kabel tidak menutup kemungkinan CCTV tersebut aktif dan bisa terpantau di lain tempat.

Cara Cek CCTV Aktif atau Tidak

Ada beberapa langkah untuk mengetahui apakah CCTV Aktif atau tidak dengan cara yang cukup simpel. Untuk lebih detilnya mari kita simak caranya dan langkah-langkahnya.

1. Cek Panel LED DVR

Biasanya DVR terdapat panel LED indikator yang menandakan sistem bekerja dengan normal. Di bagian panel depan terdapat LED power, Internet dan Record. Lampu power menunjukkan bahwa DVR sedang aktif dan bekerja sedangkan LED Record menandakan DVR sedang merekam atau recording.

2. Lampu Infrared Kamera

Infrared adalah fitur pandangan malam hari dan ketika gelap total maka kamera CCTV tetap dapat melihat kondisi dan situasi tempat dengan jelas. Pada kondisi gelap maka kamera CCTV akan menyalakan lampu Infrared yang bisa dilihat kasat mata dan ini merupakan salah satu tanda bahwa kamera CCTV sedang on.

Itulah cara cek CCTV aktif atau tidak dengan cara cepat dan mudah. Jika memang tanda di atas seperti LED menyala berarti CCTV anda dalam keadaan aktif dan merekam. Untuk cek online atau tidak akan di bahas pada artikel berikutnya.

JasaCCTV.net | Jasa Pasang CCTV Murah
Whatsapp JasaCCTV.net