Mengenal Jenis dan Macam CCTV di Pasaran

Siapa yang tidak kenal dengan CCTV? Saat ini CCTV telah menjadi kebutuhan baik perorangan maupun industri. Banyak sekali model dan jenis kamera yang ada di pasaran. Sebelum anda memutuskan untuk memasang CCTV di rumah ada baiknya terlebih dahulu memahami jenis dan macam kamera agar nanti sesuai dengan apa yang diinginkan.

Jenis dan macam kamera CCTV yang ada di pasaran bisa dibedakan menjadi beberapa bagian menurut fungsi dan teknologinya. berikut ini penjelasan tentang kamera CCTV yang beredar di pasaran saat ini.

Macam CCTV Berdasarkan Jenisnya

Ada beberapa berbedaan dari kamera CCTV sesuai dengan jenis teknologinya. Tentunya beda teknologi juga berbeda kualitas gambar dan rekamannya.

CCTV Analog

CCTV analog menggunakan DVR sebagai media penyimpanan hasil rekaman. Transmisi video model analog ini menggunakan kabel coaxial baik RG59 ataupun RG6. Saat ini teknologi transmisi coaxial sudah dapat melewatkan sinyal video dengan resolusi yang tinggi. Selain itu teknologi Analog HD ini bisa juga mentransmisikan audio lewat kabel yang sama tanpa ada kabel audio tambahan.

CCTV Digital

Tipe CCTV digital ini menggunakan PC sebagai media live view maupun menyimpan rekaman. Jenis CCTV tidak membutuhkan DVR karena video langsung di kirim ke dalam komputer untuk diproses oleh CPU. Kekurangan jenis CCTV ini adalah mesin CPU harus menyala selama 24 jam jika ingin standy secara terus menerus.

CCTV IP Camera

Sesuai dengan namanya CCTV model ini menggunakan jaringan internet lokal sebagai perantara videonya. Untuk menyimpan hasil rekaman perangkat ini menggunakan NVR (Network Video Recorder). Teknologi CCTV ini menghasilkan resolusi murni yang akan menghasilkan gambar bergerak yang jernih meskipun ada sedikit delay.

Macam CCTV Berdasarkan Fungsinya

Karena penempatannya yang berbeda maka kamera CCTV dibuat sesuai dengan kondisi lingkungan area pemasangan. Berikut ini adalah beberapa macam CCTV yang beredar di indonesia sesuai dengan fungsi dan kegunaannya.

Kamera CCTV Dome Indoor

Bentuknya yang mungil CCTV jenis ini sering dipadang di dalam ruangan. Sering kita jumpai jenis kamera ini di pasang di plafon rumah menghadap ke bawah. Kamera ini di rancang untuk area dalam ruangan yang sekiranya tidak terkena air meskipun kenyataannya banyak vendor CCTV memproduksi kamera indoor bersertifikat IP67 atau tahan air.

Kamera CCTV Bullet Oudoor

Karena keadaan luar ruangan yang tidak menentu seperti panas dan hujan maka dibuatlah CCTV outdoor. CCTV jenis ini tahan terhadap paparan sinar matahari dan juga hujan. Dirancang menggunakan peredam canggih sehingga tetap tahan meskipun terkena air hujan selama waktu yang lama. Bersertifikasi IP67 sehingga tahan air hingga kedalaman 1 meter dalam waktu lama.

Kamera CCTV Camouflage

CCTV Camouflage dirancang agar orang lain tidak menyadari kalau di tempat itu ada kamera CCTV. Didesain tidak seperti CCTV pada umumnya seperti jam dinding, pengharum ruangan, gantungan baju dan lain sebagainya.

Kamera CCTV Explotion Proof

Kamera Explotion proof ditutup dengan baja berkekuatan tinggi sehingga tahan terhadap ledakan. Biasanya CCTV jenis ini di tempakan di area rawan ledakan seperti gudang LPG, Pabrik kimia dan tempat-tempat lain yang rawan terjadi ledakan.

JasaCCTV.net | Jasa Pasang CCTV Murah
Telpon JasaCCTV.net Whatsapp JasaCCTV.net