Cara Mengatasi CCTV Buram dan Tidak Jelas

Kamera CCTV merupakan peralatan penting untuk memantau keadaan rumah maupun kantor. Tetapi jika tampilan CCTV buram dan gambar tidak jelas tentunya alat ini menjadi kurang maksimal karena objek yang direkam biasanya objek penting dan suatu saat dibutuhkan sebagai bukti maupun referensi kerja.

Gambar pada kamera CCTV yang mengalami buram atau tidak jelas bisa disebabkan beberapa hal. Pemilik harus menangani dengan hati-hati agar perangkat tidak menjadi rusak setelah mencoba diperbaiki.

Penyebab CCTV Buram tidak Jelas

Banyak faktor yang menyebabkan kamera CCTV buram / blur. Penyebabnya antara lain embun, kotor, teknologi kamera, setting dvr dan lain-lain. Berikut adalah penjelasan lengkap penyebab CCTV jadi tidak jelas.

Kamera CCTV Berembun

Embun sering menyebabkan pandangan menjadi kabur salah satunya terjadi pada kamera CCTV. Efek ini biasa kita jumpai pada kaca jendela saat terjadi hujan yang menyebabkan pandangan keluar tidak jelas. Masalah ini biasanya hanya terjadi beberapa waktu karena embun akan hilang dengan sendirinya kalau kaca pada kamera CCTV sudah kering.

Penutup Kamera Kotor

Kamera CCTV yang diletakkan di ruangan yang rawan kotor biasanya sering mengalami buram. Peletakan titik yang salah bisa menyebabkan kamera menjadi kotor seperti di ruangan berdebu, berasap dan lain sebagainya. Alangkah lebih baik jika kamera yang dekat dengan sumber asap dipindah posisinya.

Teknologi Kamera Tertinggal

Seiring berjalannya waktu mungkin CCTV yang anda miliki terkesan buram tidak seperti teknologi CCTV terbaru. Maklum saja CCTV dengan masa pakai yang cukup lama biasanya masih menggunakan teknologi lama yaitu TVL. Teknologi tersebut sangat berbeda dengan teknologi Mega Pixel. Teknologi terbaru memungkinkan CCTV menangkap gambar dengan sangat jelas dan jernih.

Kesalahan Setting DVR

Penyebab buram pada CCTV yang lain bisa juga karena kesalahan setting DVR. Setting kontras, warna, saturasi dan lain-lainnya mungkin bisa jadi penyebab CCTV blur.

Lensa Kamera Tidak Fokus

Jika kita sudah memastikan penutup kamera bersih, setting DVR juga tidak ada masalah mungkin penyebabnya adalah lensa kamera CCTV. Jika bergeser sedikit saja maka tampilan bisa menjadi buram. Hal ini terjadi bisa disebabkan cacat produk atau karena kamera sudah pernah dibuka oleh orang atau teknisi.

Cara Mengatasi CCTV Buram

Setelah mengidentifikasi penyebab CCTV buram langkah selanjutnya mengatasinya. Jika anda awam dengan elektronik disarankan untuk mencari teknisi CCTV yang sudah berpengalaman agar tidak terjadi kerusakan.

Bersihkan Penutup Lensa Kamera

Cara ini bisa dipraktekkan jika memang kotoran yang menjadi penyebab CCTV tidak jelas. Siapkan kain halus dan berikan sedikit air lalu usapkan tepat didepan lensa kamera CCTV secara perlahan sampai penutup kamera bersih tanpa kotoran, debu, maupun asap.

Reset Setting DVR

Sering mengotak-atik DVR CCTV bisa menyebabkan masalah salah satunya membuat CCTV buram. Jika sampai hal ini terjadi maka cara mengatasinya adalah dengan mengembalikan DVR ke setelan pabrik. Langkah ini akan mengembalikan seluruh setting termasuk pengaturan warna, kontras, saturasi dan lain sebaginya.

Upgrade Perangkat CCTV

Teknologi kamera lama bisa jadi karena teknologi kamera yang sudah ketinggalan jaman. Kamera lama terkesan buram karena resolusinya yang sangat rendah. Untuk mengatasi hal tersebut maka kita harus meng-upgrade kamera dan DVR ke yang lebih baru. Dengan menggantinya maka gambar kamera CCTV akan jauh lebih jernih dan detil.

JasaCCTV.net | Jasa Pasang CCTV Murah
Telpon JasaCCTV.net Whatsapp JasaCCTV.net