Menentukan Posisi Titik Kamera CCTV

Terkadang kita bingung menentukan posisi titik kamera CCTV yang tepat di lokasi pemasangan. Banyak titik CCTV yang mau kita pasang tetapi mau di taruh di mana kameranya? Posisi yang baik seperti apa? Nah, berikut ini penjelasannya.

Perlu diketahui bahwa CCTV profesional berbentuk fixed. Kita tidak bisa menentukan arah sudut kamera ini dengan remote atau DVR. Maka dari itu agar kamera CCTV bekerja maksimal maka kita harus menentukan posisi sesuai titik yang mau dipantau. Karena sebagus apapun jika kamera salah dalam penempatan maka fungsi CCTV juga tidak bisa maksimal.

Penempatan Kamera yang Bagus

Agar fungsi CCTV bisa maksimal maka penempatan kamera harus pas. Fungsi maksimal dari kamera CCTV ini antara lain gambar yang dihasilkan bagus, sudut area jangkauan lebih maksimal dan objek prioritas lebih terarah.

Memang hal ini terkesan sepele tetapi jika rekaman kamera CCTV tidak menjangkau objek yang seharusnya dituju maka akan sangat disayangkan sekali. Apalagi jika itu menyangkut tentang kejadian yang sangat krusial misalnya terjadi kriminalitas atau kelalaian dalam pekerjaan.

Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam menentukan posisi letak kamera sebelum kita memutuskan untuk meminta teknisi jasa CCTV untuk melakukan pemasangan. Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penempatan titik kamera.

Tentukan Objek Proritas

Kamera CCTV berfungsi merekam kejadian di area penting. Pengguna harus terlebih dahulu menentukan mana titik yang paling menjadi area prioritas. Misalnya kita ingin keamanan pada area brankas maka seharusnya titik fokus kamera CCTV berada pada berangkas. Dan semua pergerakan orang di area brankas harus terlihat secara maksimal.

Maksimalkan Jangkauan Kamera

Rata-rata kamera CCTV di pasaran mempunyai sudut jangkauan yang luas yaitu di antara 90 derajat hingga 120 derajat tergantung besar kecilnya focal length-nya. Semakin kecil focal length pada lensa kamera CCTV maka akan semakin luas jangkauan sudut pandangnya.

Hindari Objek Backlite

Sebisanya kamera CCTV harus menghidari objek yang backlite-nya parah. Objek yang backlite ini akan menyebabkan gambar menjadi hitam dan tidak jelas. Kalaupun memang tidak bisa terhidandar dari posisi backlite maka semestinya kita memberi backup kamera lain yang menuju objek yang sama tetapi tidak kena efek backlite.

JasaCCTV.net | Jasa Pasang CCTV Murah
Whatsapp JasaCCTV.net